Langsung ke konten utama

10 Wisata Batik Indonesia di Jawa Tengah











Selalu menarik ketika berbicara soal batik. Jika mengingat kembali kegiatan FamTrip Jateng yang diselenggarakan oleh Disbudpar Jawa Tengah pada bulan Februari dan April, saya punya beberapa cerita menarik mengenai wisata batik yang sudah saya kunjungi saat mengikuti acara tersebut. Baik di kota Solo maupun di Pekalongan. 

Cerita tentang wisata batik yang masih melekat adalah saat saya berkunjung ke wisata batik di kota batik Pekalongan. Ingat cerita tentang batik Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO pada tahun 2009 sebagai Budaya Tak - benda  Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity). Jadi kita harus bangga menggunakannya batik, dan banyak hal yang bisa kita pelajari dari filosofi batik dengan berkunjung ke destinasi wisata batik yang ada di berberapa daerah di Indonesia. 

Nah travelers, Indonesia punya banyak wisata yang menarik untuk dikunjungi termasuk wisata batik. Berikut  10 Wisata Batik Indonesia yang bisa ada kunjungi jika traveling ke Jawa Tengah.  

Kampung Batik Bubakan Semarang

Kampung Batik ini berada di daerah Bubakan Semarang, tak jauh dari kawasan Kota Lama Semarang. Sebagian besar rumah di kampung ini merupakan sentra batik. Selain batik di kampung ini ada juga oleh – oleh yang bisa di bawa pulang, yaitu bandeng duri lunak.

Untuk pertama kali saya kesini pada tahun 2012 beberapa teman komunitas blogger dalam acara Kongkow (Kopdar Karo Wisata) Semarang yang diselenggarakan oleh dotsemarang. Untuk mengenal lebih dekat batik Asem Arang atau batik Semarang itu seperti apa sekaligus belajar membatik disini. Duh jadi nostalgia nih. Jika anda traveling ke Semarang, jangan lupa berkunjung kesini untuk membeli batik sambil belajar membatik. 

Sanggar Batik 16 Semarang 

Masih dari Semarang, wisata batik selanjutnya adalah Sanggar Batik Semarang 16. Sanggar Batik Semaraang 16 berada di tengah kebun jati di Desa Sumberrejo, Meteseh Tembalang, Semarang. Cukup jauh dari pusat kota Semarang jika disini. Tapi hanya butuh beberapa menit jika naik taksi.

Di Sanggar Batik Semarang 16, anda bisa melihat proses pembuatan batik dari awal hingga jadi. Menarik. Pemandangan menuju sanggar juga masih cukup asri disini. Jadi bisa bernostalgia dengan suasana di desa. 

Museum Batik Danar Hadi Solo

Museum Batik Danar Hadi Solo, berada di Jalan Slamet Riyadi. Museum ini didirikan untuk melestarikan dan memajukan seni batik di Indonesia sebagai aset budaya. Pertama kali saya berkunjung kesini saat mengikuti acara FamTrip Solo yang diselenggarakan oleh Disbudpar Jawa Tengah, saya sangat senang bisa melihat berbagai macam batik yang disimpan disini dan mengekplorenya bersama teman – teman dari International Student.

Banyak informasi menarik tentang batik yang bisa didapatkan di museum ini. Mulai dari bahan dan alat untuk membatik hingga kain batik dari berbagai daerah, Demak, batik Kudus, batik Semarang dan lainnya. Nah, yang paling menarik adalah batik diponegoro, batik belanda dan batik 3 negeri. Semua batik disini punya motif – motif yang cantik dan menarik, dan filosofi batik yang menarik untuk dipelajari.

 
Kampung Batik Laweyan, Solo

Konon, kampung batik ini merupakan kampung batik tertua di Indonesia. Letaknya berada di kelurahan Laweyan Solo, tak jauh dari Kantor Kelurahan Laweyan. Galeri Batik Putera Laweyan merupakan pusat sentra batik yang terkenal disini. 

Ada Galeri batik, workshop dan Cafe yang berada dalam satu lokasi. Nah disini anda bisa melihat proses pembuatan batik baik tulis maupun canting. Dan melihat proses pewarnaan batik serta menghilangkan wax (lilin) dengan cara yang cukup unik yang dikenal dengan istilah nglorot. Jika anda traveling disini, anda bisa belanja batik dan belajar membatik tentunya. Menarik bukan? 

Museum Batik Pekalongan 

Sangat menyenangkan ketika bisa mengunjungi museum batik di kota Batik di Pekalongan. Pertama kali kesini adalah waktu saya mengikuti rangkaian acara FamTrip Pantura Barat Jawa Tengah bulan April lalu yang diselenggarakan oleh Disbudpar Jawa Tengah.  

Hal menarik yang dipelajari dari museum batik ini adalah sejarah dari gedung yang digunakan untuk museum, yaitu sebuah gedung yang dulunya digunakan sebagai gedung keuangan pabrik gula. Museum ini letaknya di kawasan kota lama Pekalongan atau kawasan Jetayu. 

Ada sekitar 1200 batik yang disimpan disini. Tapi hanya 100 batik saja yang dipamerkan di Museum Batik Pekalongan. Selain bisa belajar tentang sejarah batik Indonesia, di Museum Baatik Pekalongan anda juga bisa belajar membatik di workshop. Jadi jangan lewatkan untuk mencoba belajar membatik jika berkunjung kesini
 

Kampung Batik Pesindon Pekalongan

Kampung batik ini terketak di Jalan Hayam Wuruk Pekalongan. Sangat menyenangkan berkunjung Kampung Batik Pesindon, bisa belajar sejarah batik dari Pak Eddywan. Beliau adalah pemilik Larissa Gallery. 

Larissa Gallery bisa dikatakan sebagai pusat sentra batik di Kampung Batik Pesindon Pekalongan. Di Larissa Gallery terdapat outlet batik dan workshop batik untuk melihat proses pembuatan batik, mulai dari pembuatan pola, mencanting, membuat batik cap sampai proses pewarnaan bisa dilihat langsung disini. 

International Batik Center Pekalongan 

International Batik Center (IBC) bisa dikatakan sebagai pasar modern batik di Pekalongan. Jika anda suka belanja, IBC merupakan salah satu tempat wisata belanja yang wajib anda kunjungi jika traveling ke Pekalongan, tentu untuk membeli oleh – oleh batik yang khas dari kota Batik. 

Selain belanja batik, anda juga bisa membeli kerajinan tangan yang dijual di sini untuk dibawa pulang. IBC Pekalongan berada di Jl. Ahmad Yani (Wiradesa), Jalan Pantura Pekalongan. Tertarik berkunjung kesini? 

Kampung Batik Pekauman Pekalongan

Kampung batik ini terletak didaerah Pekauman Pekalongan. Letaknya tak jauh dari Masjid Pekauman Pekalongan, Jawa Tengah. Kampung Batik Pekalongan merupakan salah satu wisata batik yang wajib di kunjungi jika berkunjung ke Pekalongan. Karena banyak cerita menarik yang bisa dieksplore disini.

Waktu saya kesini bulan April lalu, sangat disayangkan, saya tidak mengeksplore kampung ini lebih jauh. Karena tujuan berkunjung ke kampung ini adalah untuk bersilaturahmi dengan ketua Paguyuban Kampung Batik Pekauman untuk program UKM. Menurut salah seorang penggiat wisata yang saya temui saat berkunjung ke Kampung Batik Pekauman,  kampung ini merupakan salah satu wisata batik yang anda kunjungi jika traveling ke Pekalongan.

Kampung Batik Kliwonan Sragen

Kampung batik ini terletak desa Pilangan dan Butuh Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen Jawa Tengah. Tepatnya terletak di selatan Sungai Bengawan Solo. Kampung batik Kliwonan ini dikenal sebagai kampung batik terpadu di Sragen.

Pertama kali mendengar namanya tentu saya masih merasa asing. Seperti halnya Kampung Batik Jambe yang berada di kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Tapi menurut saya, Kampung Batik Kliwonan merupakan salah satu destinasi wisata batik yang wajib di kunjungi jika anda traveling ke Solo. 



Kampung Batik Lasem Rembang 

Batik Lasem merupakan batik pesisir yang terkenal dengan warna khasnya merah darah ayam. Pertama kali saya mengenal batik pesisir adalah waktu saya mengunjungi Museum Batik Danar Hadi.
Kabar gembira dari kabupaten Rembang, salah satu kampung batik di kabupaten ini baru saja dilaunching oleh Plt. Bupati Rembang beberapa waktu lalu. Kampung batik ini terletak di desa Babagan, kabupaten Rembang, Jawa Tengah. 

Melihat potensi wisata batik di kabupaten Rembang, tentu menarik jika kita bisa berkunjung ke kampung batik ini untuk melihat lebih dekat proses pembuatan batik lasem yang dikenal dengan batik pesisirnya. 

Nah, dari 10 Wisata Batik di Jawa Tengah, wisata batik mana yang sudah pernah anda kunjungi? 

Tulisan ini diikutsertakan dalam rangka blog competition yang diadakan oleh #TravelNBlog

Komentar

  1. wahh yang semarang malah belum pernah main kesanaa...kudet eyke...semoga menang mii..aku belum nulis hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ayo kapan main kesana sama GanjelRel. hehehe :)

      Hapus
  2. Keren uda main ke macam2 musium batik

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, tapi baru Jawa Tengah. luar Jawa Tengah belum. hehehe

      Hapus
  3. Yang udah pernah ke Sanggar Batik 16 sama Laweyan, sisanya belum hehehe

    BalasHapus
  4. Saya baru ke museum danar hadi, ternyata banyak ya museum batik nya

    BalasHapus
  5. Bakal lebih cakep kalau ada foto masing-masing batik khasnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Ariev. terima kasih sudah mampir :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serunya Berpetualang di Santosa Stable

Senang rasanya menghabiskan waktu seharian di desa. Melihat pemandangan sawah yang hijau yang membentang luas, gemercik air sungai dan suasananya yang selalu membuat rindu. Apalagi bisa berpetualang. Ohh asyiknya....

Pengalaman Kirim Paket Malam Hari via JNE

Akhirnya nulis juga. Sejak saya kerja di Butik, saya mulai berkenalan dengan JNE Express. Yah karena tempat saya bekerja juga melayani belanja online. Dan JNE adalah teman terbaik untuk mengantar paket berisi produk berupa baju, hijab dan aksesories Butik ke customer di Semarang maupun di daerah lain di Indonesia.

Begini Serunya Grand Opening Semarang Thal Cake

Akhirnya waktu yang dinantikan datang juga. Semarang Thal Cake milik Ruben Onsu secara resmi dibuka tanggal 28 Juli kemarin. Oleh - oleh Kekinian Semarang yang #bikinbahagia ini bisa menjadi alternatif oleh - oleh yang bisa kamu bawa pulang saat liburan ke Semarang.