Langsung ke konten utama

Mengisi Pelatihan Blog di Kantor Biznet Pekalongan
















Akhirnya, saya kembali mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Kota Batik, Pekalongan. Dan bertemu dengan teman - teman baru dari SMP N 13 Pekalongan. Ini adalah ketiga kalinya saya kesini. Kali ini saya mendapatkan undangan dari teman saya mas Arief yang bekerja sebagai Marcomm di Kantor Biznet Pekalongan untuk mengisi pelatihan blog untuk pelajar.

Seperti jadwal yang telah ditentukan sebelumnya, saya pergi ke Pekalongan hari senin (08/06). Saya berangkat bersama mas Huda dari Kantor Biznet Kendal sekitar pukul 8 pagi. Dan sekitar pukul 09.30 kami sudah sampai di Pekalongan.

Ini pengalaman pertama saya ke Pekalongan bonceng motor, cukup melelahkan dan membuat saya dehidrasi karena cuaca cukup panas. Padahal hanya butuh waktu 1,5 perjalanan dengan naik motor. Tapi benar, ketika melewati Batang dan alas roban, jalan yang dilewati rasanya panjang dan tak ada ujungnya. Hahaha... tapi seruu...

Acara pelatihan blog, dimulai pukul 12.30. Masih ada waktu 3 jam untuk bersantai dan istirahat sebelum acara dimulai. Sambil sesekali melihat aktivitas karyawan Biznet Pekalongan yang sibuk dengan aktivitasnya. Oh iya, saya bertemu dengan mbak Istighfaroh dari RTIK Pekalongan dan wartawan dari radar Pekalongan yang meliput acara.

Sekitar pukul 12.30 akhirnya acara pelatihan blog dimulai juga. Ada sekitar 13 siswa dari SMP 13 Pekalongan yang hadir. Ketika melihat mereka masuk kantor bersama seorang ibu guru yang mendampingi, mereka nampak antusias ikut acara pelatihan blog.

Melihat antusias mereka, rasa gugup saya mulai pergi. Entah, saya lupa kapan terakhir mengisi acara pelatihan blog seperti ini, sebelum acara dimulai saya teringat kembali acara kelas blog yang diadakan dotsemarang di Semarang sekitar 3 tahun lalu. Bismillah. Waktunya untuk sharing.

Sebelum sharing materi tentang blog dan praktek dimulai, saya memutar video linimasa tentang internetsehat yang dilaunching sekitar tahun 2011. Dimana didalamnya ada video tentang pemanfaatan sosial media seperti twitter, facebook dan blog. Saya hanya putar yang part 1 yang durasinya 11 menit dari youtube. Agar mereka tahu bagaimana sebaiknya menggunakan media sosial.




















Lalu lanjut sesi materi, saya tak banyak mengulas tentang blogger. Hanya poin - poin penting yang saya rangkum ke dalam slide power point. Karena peserta pelatihan blognya masih malu - malu, saya pun sedikit share tentang bagaimana blog membuat seseorang lebih berani. Yang saya rangkum dari blog rekan saya sebagai motivasi.

Lanjut praktek ngeblog menggunakan blogspot, ternyata teman - teman baru saya dari SMP N 13 Pekalongan masih malu - malu. Saya masih maklum, karena dulu saya waktu
SMP juga pemalu seperti mereka. Sekarang masih pemalu? Yah kadang - kadang sih masih begitu. Hahahaha.

Saat masuk sesi menulis blog, saya menantang mereka untuk menulis selama 30 menit. Waktu yang tidak panjang dan tidak pendek. Jadi saya bisa tinggal mereka shalat dhuhur sebentar. Sebelum lanjut memberikan tips kemudian acara tutup.

30 Menit kemudian....

Waktu praktek akhirnya selesai. Mereka yang mengerjakan tantangan ngeblog selama 30 menit, menyelesaikan tantangan dengan baik. Meski ada beberapa yang ketinggalan. Dan... beberapa posting blog yang ditulis peserta, ternyata lucu - lucu. Ada yang menulis tentang pengalaman ikut pelatihan blog, menulis puisi, menulis cerpen bahkan ada yang curhat dicuekin. Hahaaha...

Meskipun malu - malu, karya - karya mereka sudah cukup baik dan harus diapresiasi. Masih bisa diperbaiki dan dikembangkan kemampuannya agar bisa menulis lebih baik lagi. Senang rasanya bisa bertemu dengan mereka. Semoga bisa bertemu lagi jika berkunjung ke Pekalongan lagi.




















Akhirnya acara pelatihan blog selesai. Terus foto bareng dah buat kenang - kenangan. Semangat ngeblog ya teman - teman. :)

Salam blogger,

Komentar

  1. Wah acaranya ramai ya mba. Semoga bs terus menginspirasi ya mba

    BalasHapus
  2. wahh acaranya keren mbak.
    kapan kapan mampir dong ke kota malang, insyaAllah pesertanya rame. hehe
    Salam sukses dari Manager HRD Pelatihan SDM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh. silahkan direalisasikan, saya tunggu undangannya ke Malang :D

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serunya Berpetualang di Santosa Stable

Senang rasanya menghabiskan waktu seharian di desa. Melihat pemandangan sawah yang hijau yang membentang luas, gemercik air sungai dan suasananya yang selalu membuat rindu. Apalagi bisa berpetualang. Ohh asyiknya....

Begini Hasil Jepretan Kamera OPPO Mirror 5

Minggu kemarin saya ikutan acara #OPPOFYIexp Semarang. Acara tersebut berlangsung di River View Cafe, Simpang Lima Residence. Nah saya sudah menuliskan pengalaman saya disini.

Ngesgrim di Esgrim House Tlogosari

Senang rasanya ada seorang teman yang mengajak ngesgrim setelah lama juga ngga pergi jalan - jalan. Dan teman saya ini mengajak disaat yang tepat. Pas banget lagi pengen esgrim. hahahahaha