Langsung ke konten utama

Belajar Pasang Domain Sendiri






Akhir Februari kemarin, ada wacana bahwa Almogada butuh website. Berhubung perijinan travel sudah keluar, akhirnya saya yang memutuskan buat blog dulu sebagai alternatif berhubung belum ada uang kas. Bikin website dan beli hosting tentu jatuhnya akan mahal biayanya.

Dan akhirnya saya bikin blog untuk update harga trip dan instagram untuk share cerita piknik plus promosinya. Karena sebelum ada blog dan instagram broadcast promosi masih sebatas lewat bbm dan whatsapp saja.

Awal bulan Maret, saya mencoba mencari harga domain yang murah. Kalau ada yang lagi diskon. Ada pepatah mengatakan pucuk dicinta ulam tiba. Dan saya beruntung menemukan ada promo domain awal bulan dari qwords.com.



Setelah saya cek di website qwords dan share harga domain yang lagi promo kepada teman saya, akhirnya beli domain dot com. Harganya masih dibawah Rp 100.000. Pengalaman pertama nih beli domain jadi masih awam. hahahahaha.

Setelah berhasil beli domain, transfer melalui bank BRI akhirnya dapat juga domain yang diinginkan untuk blog travel.

Saya jadi ingat ketika salah seorang teman blogger menyarankan kepada saya untuk pasang domain. Biar lebih mudah dapat job review. Tapi waktu itu saya berpikir belum penting beli domain, toh blog pribadi saya lebih banyak curhat. Dan saya menunggu waktu yang tepat untuk beli domain. Mungkin inilah saatnya.

Setelah berhasil membeli domain dari qwords dengan harga promo saya malah mupeng gimana cara pasang domain. Dan bingung minta bantuan sama siapa. Akhirnya saya belajar pasang domain sendiri dan cari tutorial diinternet cara memasang domain qwords ke blogspot.

Saya mencoba mengikuti beberapa intruksi pada tutorial tersebut. Tapi kenyataannya halaman blog tidak bisa dibuka, dan saya hanya berhasil login saja. Ternyata, saat memasang domain ke blogspot ada satu bagian yang terlewat. Kode unik google belum saya masukkan.

Pantas saja dicek berkali - kali blognya tidak bisa dibuka. Sampai akhirnya saya bertanya pada custumer service qwords melalui chat.

Saya kira setelah curhat problem blog yang dicustom domain belum berhasil dibuka, saya akan mendapatkan service maintenis. Ternyata saya harus memecahkan masalah saya sendiri. Beruntung deh bisa minta bantuan temen blogger yang bisa mengatasi masalah saya.

Awalnya temen saya bingung juga dengan masalah yang saya alami saat pasang domain. Sambil chat di facebook, saya coba cari artikel diinternet tentang kode unik google dan DNS Manager untuk memasang domain. Akhirnya saya temukan juga solusinya.

Dalam artikel tentang bagaimana mencari kode unik google untuk mengatur DNS domain, satu hal yang harus dilakukan ketika menemukan masalah seperti ini ternyata butuh alamat email lainnya yang bisa digunakan. Karena kode unik google hanya muncul satu kali saja dan tiap kode itu berbeda. Jadi kalau tidak dicatet mah ribet jadinya.


Akhirnya, setelah berhasil memecahkan masalah memasang domain. Dan minta bantuan teman, domain yang dibeli dengan harga promo diawal bulan pun tidak sia - sia dibeli. Sekarang sudah berhasil dipasang dengan sempurna. Thank you mas Feri.


Welcome Secreeettraveller...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serunya Berpetualang di Santosa Stable

Senang rasanya menghabiskan waktu seharian di desa. Melihat pemandangan sawah yang hijau yang membentang luas, gemercik air sungai dan suasananya yang selalu membuat rindu. Apalagi bisa berpetualang. Ohh asyiknya....

Pengalaman Kirim Paket Malam Hari via JNE

Akhirnya nulis juga. Sejak saya kerja di Butik, saya mulai berkenalan dengan JNE Express. Yah karena tempat saya bekerja juga melayani belanja online. Dan JNE adalah teman terbaik untuk mengantar paket berisi produk berupa baju, hijab dan aksesories Butik ke customer di Semarang maupun di daerah lain di Indonesia.

Begini Hasil Jepretan Kamera OPPO Mirror 5

Minggu kemarin saya ikutan acara #OPPOFYIexp Semarang. Acara tersebut berlangsung di River View Cafe, Simpang Lima Residence. Nah saya sudah menuliskan pengalaman saya disini.