Langsung ke konten utama

Catatan : Acara Marketeers Festival 2016 di Semarang








Senang rasanya bisa berpartisipasi dalam acara tahunan Marketeers Festival  yang diselenggakan oleh Marketeers yang berlangsung di 17 kota. Acara ini hadir di Semarang pada hari Rabu (06/04) di Auditorium RRI Semarang. Apa yang menarik?


Acara Marketeers Festival 2016 mengambil tema Selling Yourself : Menang Bersaing di Era MEA. Karena mengangkat tentang MEA tentu ini menjadi sesuatu hal yang menarik untuk dipelajari.

Alasan inilah yang akhirnya membuat saya tertarik untuk datang. Apalagi kalau dapat ilmunya dari pakarnya langsung dan gratis. Alhamdulillah banget ya. hehehehe. 

Acara seminar sendiri berlangsung mulai pukul 09.00 pagi. Saya berangkat ke RRI naik bus trans Semarang. Seperti yang sudah saya prediksi, jam 09.00 lewat saya baru sampai. Dan acara sudah dimulai dengan sambutan dari Dinas.

Alhamdulillah, saya beruntung sudah dikasih tempat duduk. Jadi kaya kuliah aja, cari tempat duduk cari  yang membawa keberuntungan. Setidaknya meskipun capek, bosen, ngantuk sama materi tapi masih bisa ketawa - ketiwi bareng mas Ari dan mbak Kinanthi. Hehehehehe.

Setelah sambutan dari Dinas, acara seminarpun dimulai dan speakernya adalah bapak Husain Wijaya dari Markplus Institut yang sharing mengenai Selling Yourself : Menang Di Era MEA.

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sudah dimulai. Siapkah kita menghadapinya? Siap atau tidak, siap atau tidak kita tidak punya pilihan selain berusaha semaksimal mungkin meningkatkan kemampuan untuk bersaing di dalamnya.

Poin penting yang berhasil saya catat dari seminar tentang Selling Yourself : Menang bersaing di Era MEA. Ada 3 hal yang harus dilakukan agar kita bisa bersaing yaitu :

1. Berani Bertindak. Strategi yang dibuat ditentukan oleh tindakan yang baik. Tanpa tindakan tidak akan ada sesuatu yang terjadi.

2.Berani Gagal penuh perhitungan. Bagaimana menyikapi atau merespons kegagalan. Karena ketika kamu gagal, kamu akan lebih banyak bertindak, dan lebih banyak belajar.

3.Berani Berbeda. Bagaimana menyikapi keadaan. Para juara adalah memahami respons apa yang patut mereka pilih dalam menghadapi peluang - peluang. "Think Different".

Dalam seminar juga diputar beberapa video yang menginspirasi mulai dari video pendek tentang Starbucks, Michel Jordan dan Steve Jobs. Yang intinya bagaimana kita belajar dari kegagalan untuk mencapai keberhasilan.

Karena tanpa gagal, gagal dan gagal maka kita tidak belajar untuk menjadi lebih baik.

Dan sebuah video dokumenter yang menarik perhatian saya adalah seorang anak kecil yang belajar untuk membantu ibunya yang berjualan buah - buahan. Akhirnya anak kecil tersebut membantu ibunya dengan cara berjualan dengan es krim nanas.

Inspirasi yang sederhana, namun penuh makna. Sebuah pelajaran bagaimana menjadi berbeda. Belajar konsep Entrepeneurial dan menjadi kreatif dalam memanfaatkan peluang. Rasanya jadi pengen bikin es krim buah beku dirumah. hehehehe.

Setelah sharing tentang Menang di Era MEA. Acara dilanjutkan dengan sharing dari Jiwasraya, Telkomsel dan Kioson.

Sekitar pukul 12.00 akhirnya acara kelar juga. Pas banget sudah waktu jam makan siang. Sudah ngga sabar rasanya menukar kupon makan siang. Kadang salah kita apa cuma demi maksi? 

Rangkaian acara Marketing Festival 2016 pada hari Rabu, 6 Maret meliputi : Seminar Menang Bersaing di Era MEA, Wow Case Competition, Audisi Putri Pariwisata Indonesia 2016 dan Konvoi Wisata Heritage. 

Semarang adalah kota kelima Roadshow Marketeers Festival 2016.

Quotes : "Risk more than other think safe. Dream more that others think practical" ~ Howard Schultz (CEO Starbucks)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serunya Berpetualang di Santosa Stable

Senang rasanya menghabiskan waktu seharian di desa. Melihat pemandangan sawah yang hijau yang membentang luas, gemercik air sungai dan suasananya yang selalu membuat rindu. Apalagi bisa berpetualang. Ohh asyiknya....

Pengalaman Kirim Paket Malam Hari via JNE

Akhirnya nulis juga. Sejak saya kerja di Butik, saya mulai berkenalan dengan JNE Express. Yah karena tempat saya bekerja juga melayani belanja online. Dan JNE adalah teman terbaik untuk mengantar paket berisi produk berupa baju, hijab dan aksesories Butik ke customer di Semarang maupun di daerah lain di Indonesia.

Begini Hasil Jepretan Kamera OPPO Mirror 5

Minggu kemarin saya ikutan acara #OPPOFYIexp Semarang. Acara tersebut berlangsung di River View Cafe, Simpang Lima Residence. Nah saya sudah menuliskan pengalaman saya disini.