Langsung ke konten utama

Lunpia Delight, Legenda Kuliner Semarang
















Siapa sih yang tak kenal dengan Lunpia, salah satu kuliner khas kota Semarang. Lunpia sangat mudah dijumpai di pusat oleh - oleh Semarang, seperti daerah Pandanaran, Jalan Gajahmada, Jalan Mataram dan Gang Lombok Pecinan. Mengenal Lunpia berarti mengenal juga legenda Semarang. Karena setiap lunpia yang terdapat di kota Semarang menjadi saksi sejarah kota Semarang dulu hingga kini.  


Dinasti Keluarga Lunpia Semarang







Semarang memiliki berbagai macam lunpia. Dulu sewaktu  pertama kali di Semarang dan bicara soal lunpia, pasti ada cerita menarik tentang silsilah lunpia yang ada di Semarang. Sampai saya menemukan selebaran promosi yang berisi sejarah keluarga lunpia yang menjadi branding salah satu lunpia yang terkenal di Semarang yaitu Lunpia Delight. Dari selebaran itu, siapa saja mudah mengenal Lunpia Delight dan sejarahnya.

Informasi terebut saya temukan kembali di laman resmi Lunpiadelight.co.id.  Berikut kutipan informasi tentang dinasti keluarga Lunpia yang perlu kamu tahu.

Lunpia Semarang yang diolah dari bahan baku  rebung bambu pilihan untuk pertama kali pada tahun 1870 sesuai kesejarahannya dikreasi oleh sang pelopor engkong buyut leluhur Cik Me Me  yaitu pasangan suami istri Tjoa Thay Joe dan Mbok Wasi yang kesehariannya sebagai pedagang jajan pasar  bertempat tinggal di jalan brondongan 76 Semarang.

Gayung bersambut. Melihat respon yang sangat positif dari masyarakat maka pada Tahun 1930 melahirkan dinasti penerus kedua Lunpia Semarang yang dikelola oleh putri kesayangan sang pelopor yaitu Ibu Tjoa Po Nio.

Berlanjut kemudian tahun 1960 muncul generasi penerus ketiga dari putra putri pasangan dinasti kedua tersebut yang  membangun supremasi baru Lunpia Semarang menjadi tiga pilar  :

1.       Lunpia Gang lombok oleh Siem Swie Kiem
2.       Lunpia Pemuda oleh Siem Swie Hie
3.       Lunpia Mataram dikontruksi oleh Ibu Siem Hwa Nio yang tidak lain adalah ibunda sang maestro chef Tan Yok Tjay dan merupakan nenek dari garis Cik Me Me.

Cik Me Me sebagai next generation Lunpia Semarang kini sedang gigih berjuang memberdayakan kearifan budaya lokal kuliner Lunpia Delight guna bersaing dengan makanan siap saji dari manca negara yang kian mendominasi disetiap penjuru tanah air. Selengkapnya baca disini.

Pengalaman Mencicipi Lunpia Delight

Saya mengenal Lunpia Delight sudah sejak tahun 2014. Waktu itu Lunpia Delight baru pertama kali buka. Saya datang langsung ke Lunpia Delight yang berada di Jalan Gajahmada Semarang karena penasaran dengan rasanya dan promosi pemasarannya offlinenya yang menarik.

Ketika pertama kali berkunjung ke Lunpia Delight suasananya menarik dan konsepnya cafe yang modern dan bisa melihat cara pembuatan Lunpia secara langsung. Saya mencoba Lunpia Original dan es milo. Satu porsi berisi dua lunpia yang berukuran cukup besar disajikan bersama dengan saus yang manis dan gurih berserta acar sebagai pelengkapnya. Dan masih penasaran dengan menu lunpia yang lezat lainnya.
Lumpia Delight memiliki 6 pilihan menu  yang wajib untuk dicoba, yaitu :

  1. Lunpia Raja NusantaraMerupakan inovasi dari perpaduan lunpia original yang melebur dalam racikan Jamur segar dan gurihnya kacang mete super
  2. Lunpia Ka Ja Mu Menu Spesial Rasa Kambing Jantan MudaSpesial racikan yang diolah dari rebung pilihan, telor ayam dan Kambing Jantan Muda.
  3.  Lunpia Fish Kakap Menu Spesial Rasa Ikan KakapSpesial racikan yang diolah dari rebung pilihan, udang, telor ayam dan ikan kakap terbaik.
  4. Lunpia Crab Menu Spesial Rasa KepitingSpesial racikan yang diolah dari rebung pilihan dipadu dengan udang, telor ayam dan daging kepiting terbaik
  5. Lunpia Original,  Spesial racikan yang diolah dari rebung pilihan, udang, dan telor ayam.
  6. Lunpia PlainSpesial racikan khusus bagi vegetarian, diolah dari rebung pilihan saja.


Strategi Pemasaran Lunpia Delight secara Online




Saat ini, strategi pemasaran Lunpia Delight sudah dikemas dengan menarik secara online dengan menggunakan sosial media sebagai  media promosi. Baik menggunakan website maupun instagram. Dengan melihat dua sosial media tersebut, tentu sangat mudah bagi siapa saja untuk mengenal Lunpia Delight, salah satu kuliner khas Semarang.

Lunpia Delight dan Pintu Gerbang Kuliner Semarang

Lunpia adalah budaya kuliner lokal kota Semarang. Siapa saja yang mengingat Semarang tentu saja mengenal lunpia Semarang. Dengan hadirnya Lunpia Delight, berbagai variasi lunpia lebih mudah dikenal oleh masyarakat dengan racikan dan cita rasanya yang special. Tentu semua itu tak lepas dari kreatifitas Cik Me Me sebagai owner Lunpia Delight. 

Semoga Lunpia Semarang bisa diakui sebagai warisan budaya tak benda dunia oleh UNESCO. 


"Tulisan ini diikutsertakan pada Lunpia Delight Blogging Competition yang diselenggarakan oleh Lunpia Delight"



Komentar

  1. Pengin banget cobain lunpia delight ini, pasti enak. Eh btw, lunpia ya bukan Lumpia ?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serunya Berpetualang di Santosa Stable

Senang rasanya menghabiskan waktu seharian di desa. Melihat pemandangan sawah yang hijau yang membentang luas, gemercik air sungai dan suasananya yang selalu membuat rindu. Apalagi bisa berpetualang. Ohh asyiknya....

Pengalaman Kirim Paket Malam Hari via JNE

Akhirnya nulis juga. Sejak saya kerja di Butik, saya mulai berkenalan dengan JNE Express. Yah karena tempat saya bekerja juga melayani belanja online. Dan JNE adalah teman terbaik untuk mengantar paket berisi produk berupa baju, hijab dan aksesories Butik ke customer di Semarang maupun di daerah lain di Indonesia.

Begini Hasil Jepretan Kamera OPPO Mirror 5

Minggu kemarin saya ikutan acara #OPPOFYIexp Semarang. Acara tersebut berlangsung di River View Cafe, Simpang Lima Residence. Nah saya sudah menuliskan pengalaman saya disini.