Langsung ke konten utama

Menghadapi Krisis Uang Jajan dengan Sederhana

Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall.

mataharimall-kompetisi




My wallet is like an onion

Sedih deh lihat kantong kalau pas lagi tanggal tua. Rasanya bikin pengen nangis seperti sedang memotong bawang merah. Padahal bawang merah cuma dilihatin, dipegang dan dipotong, kenapa bisa bikin kita nangis? #tanyakenapa.

Saya jadi teringat kisah tentang si Budi, yang tanggal tua sukanya makan mie, mandi dengan shampoo dan sabun seadanya biar tetap wangi, kerjaannya cari tempat nongkrong yang free wifi meskipun minumnya cuma air putih saja. 

Entahlah, apakah Budi memikirkan bagaimana ia pergi suatu tempat yang ingin ia datangi. Apakah ia jalan kaki atau cari tebengan buat pergi? Bisa saja Budi memilih tidak kemana – mana saat dompetnya terlihat seperti bawang merah yang membuat siapa saja menangis melihatnya.

Tak hanya Budi. Anak – anak kost pasti juga merasakan hal yang sama seperti Budi ketika tanggal tua datang menghampiri. Ini cerita Budi bagaimana dengan anda? Yuk lihat dulu video berikut ini.




Mengingat cerita tentang Budi, saat tanggal tua seperti sekarang ini, saya juga merasakan hal yang sama seperti Budi. Saat tanggal tua, dompet terlihat seperti bawang merah saja, karena isinya hanya kuitansi, kartu ATM dan tanda pengenal yang tersisa. Syukur kalau ketemu selembar kertas meskipun cuma sepuluh ribu rupiah saja, yang penting beli kuota 1 GB, masih bisa buat untuk kerja. Hahahaha.

Sebagai seorang blogger yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk bekerja secara online, membuat saya harus belajar memanage keuangan dengan baik dan menjaga koneksi internet tetap stabil. Karna kalau tidak ada kuota maka saya tidak bisa bekerja.

Setelah saya resign dari pekerjaan sebagai pengajar saya merasa setiap hari adalah tanggal tua. Karena tanggal muda buat saya adalah ketika dompet atau kartu ATM ada sedikit uang. Saat tanggal tua saya sudah merasa bahagia, ketika orang tua saya juga merasa bahagia karena bisa membeli beras, telur, mie bungkus, gula dan sabun cuci. Setidaknya kebutuhan dapur bisa terpenuhi.

Tanggal tua bagi saya adalah masa krisis uang jajan buat saya. Cara menghadapinya ya biasa saja seperti apa kata mas Gibran. *ehh. 











Tapi kadang baper juga sih ketika lagi nongkrong sama temen dan bawa uangnya memepet. Bersyukur jika Tuhan mengirimkan Malaikat untuk membantu disaat masa sulit, berupa rejeki yang datang tanpa kita sadari. 

Well, begini cara menghadapi krisis uang jajan dengan sederhana saat tanggal tua.
1.       Makan dengan menu seadanya
2.       Kurangi kebiasaan nongkrong bareng temen
3.       Kurangi jajan dan lebih banyak minum air putih, kalau perlu bawa tumbler sendiri
4.       Cari tempat nongkrong yang free wifi saat tidak punya kuota
5.       Nebeng temen saat bepergian jauh, kalau tujuannya sama dan masih satu arah. Biar ngga perlu mengeluarkan uang buat ongkos. Kalau perginya jarak dekat, baiknya naik sepeda saja.
6.  Kurangi pergi piknik

Pada intinya kita harus mengatur keuangan dengan bijak untuk menghadapi tanggal tua atau krisis uang jajan. Makanya kita harus menyimpan uang lebih dahulu baru sisanya untuk kebutuhan. 

Karena jika kita mengatur keuangan unttuk kebutuhan lebih dahulu maka kita akan sulit untuk menyimpan uang. Dan ketika kita punya uang, sebaiknya kita harus berbelanja dengan bijak. Lihat lebih dahulu mana yang harus menjadi prioritas utama. Begitu kata orang bijak.

Buat kamu yang suka berbelanja, sekarang ngga perlu lagi pusing – pusing. Karena ada banyak promo dari MatahariMall.com. Mulai dari promo handphone, fashion dan keperluan rumah tangga yang bisa dicheck disini.

Saya jadi ingat dengan Budi, beberapa waktu lalu ia curhat ingin beli handphone baru. Dan sekarang saya menemukan solusinya, MatahariMall.com. Untuk handphone ada promo dari Samsung, Oppo dan Xiaomi. Yah, lihat promo handphone, saya jadi pengen punya handphone baru lagi buat support kerjaan. hehehehe.

Punya masalah seperti Budi? Temukan solusinya disini. #Jadilahsepertibudi







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serunya Berpetualang di Santosa Stable

Senang rasanya menghabiskan waktu seharian di desa. Melihat pemandangan sawah yang hijau yang membentang luas, gemercik air sungai dan suasananya yang selalu membuat rindu. Apalagi bisa berpetualang. Ohh asyiknya....

Pengalaman Kirim Paket Malam Hari via JNE

Akhirnya nulis juga. Sejak saya kerja di Butik, saya mulai berkenalan dengan JNE Express. Yah karena tempat saya bekerja juga melayani belanja online. Dan JNE adalah teman terbaik untuk mengantar paket berisi produk berupa baju, hijab dan aksesories Butik ke customer di Semarang maupun di daerah lain di Indonesia.

Begini Serunya Grand Opening Semarang Thal Cake

Akhirnya waktu yang dinantikan datang juga. Semarang Thal Cake milik Ruben Onsu secara resmi dibuka tanggal 28 Juli kemarin. Oleh - oleh Kekinian Semarang yang #bikinbahagia ini bisa menjadi alternatif oleh - oleh yang bisa kamu bawa pulang saat liburan ke Semarang.