Langsung ke konten utama

Ngabuburit dan Buka Bersama Komunitas Kendal










Alhamdulillah, puasa tahun ini bisa kembali menyelenggarakan acara Ngabuburit bareng Komunitas Kendal untuk kali kedua. Setelah tahun sebelumnya mengadakan Ngabuburit dengan konsep sederhana. Ngabuburit, buka bersama dan baksos. 

Persiapan acara ini hanya selama 3 Minggu. Dan persiapan secara teknis tidak sampai seminggu. Untuk menyiapkan konsumsi, perlengkapan dan sound bisa dibilang dadakan. Rasa cemas yang saya rasakan sebelum acara akhirnya terbayar ketika acara berjalan lancar. 

Acara Ngabuburit bersama Komunitas Kendal diselenggarakan pada hari Jum'at kemarin (24/06). Dipilih hari Jum'at karena anak - anak komunitas seni suka berkumpul pada hari ini. 










Branding Balai Kesenian Remaja

Dipilihnya Balai Kesenian Remaja (BKR) sebagai tempat acara bukan tanpa alasan. Pertama, karena tempat basecamp komunitas Seni. Kedua, dipilihnya tempat ini untuk branding dan mengenalkan bahwa BKR bisa digunakan untuk semua komunitas untuk melakukan kegiatan.

Sudah lama tempat ini jarang digunakan oleh komunitas untuk kegiatan. Dan butuh orang - orang yang peduli untuk membuatnya hidup kembali. Semoga bisa tetap dijaga. 

Tanpa Sponsor 

Sama seperti tahun sebelumnya. Saat menyiapkan acara ini memang tanpa proposal. Hanya mengikuti air mengalir. Jadi mengalir begitu saja. hahahaha. 

Beberapa hari sebelum acara, ada sponsor yang siap mendukung acara. Tapi kenyataannya saat hari H datang, tidak ada sponsor sama sekali. Seperti di-phpin gitu. Akhirnya iuran adalah pilihan tepat untuk mengganti biaya konsumsi dan pinjam Sound. Dan panitia menjalankan acara dengan sukarela. 

Beruntung, saya punya pengalaman bikin acara bareng dotsemarang. Alhamdulillah, bisa menghandle acara dengan baik. 











Lebih Formal 

Berhubung acara berlangsung di gedung, acara terkesan formal meskipun santai. Ada hiburan musik akustik dan perkusi yang membuat acara hidup. Dan pemutaran 3 film pendek disela - sela buka bersama dan break Shalat Magrib. 

Selain itu juga ada diskusi bersama Bapak Kiswanto Ketua Dewan Kesenian Kendal tentang Masa Depan Kesenian di Kabupaten Kendal yang ngobrolin banyak hal. Mulai dari Legalitas Komunitas, Pariwisata, Fasilitas BKR dan komunitas sampai Barongan dan masih banyak lagi. 

Berikut beberapa dokumentasi acara Ngabuburit Kendal : 



































Sebagai inisiator acara, mau tidak mau saya harus bekerja lebih banyak. Niatnya sih hanya ingin bekerja dibalik layar. Tapi ternyata lebih dari itu. Saya harus menjadi koordinator acara, mengurus konsumsi, promosi melalui sosial media dan satu lagi menjadi MC saat acara berlangsung. Setidaknya saya sudah menjalankan tugas dengan baik dan semaksimal mungkin untuk acara ini. 

Saya bersyukur, acara bisa berjalan dengan lancar dan banyak komunitas yang support. Alhamdulillah. 60 partisipan dan 10 komunitas. Terima kasih untuk tim panitia dan komunitas Kendal.

Komunitas wisata kendal
Lukky luwak kendal community 
Kopites Kendal 
Indomanutd Kendal
Komunitas Perkusi Kendal 
Komunitas Kendal Peduli
Komunitas Musisi Kendal 
Rumah Kreatif Film Kendal
Teater Atmosfer
Teater Dipas
Les Bumi
Jarak Dekat 

Komentar

  1. wah ternyata seru ya acaranya tapi sayangnya aku gak bisa izin kerja

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serunya Berpetualang di Santosa Stable

Senang rasanya menghabiskan waktu seharian di desa. Melihat pemandangan sawah yang hijau yang membentang luas, gemercik air sungai dan suasananya yang selalu membuat rindu. Apalagi bisa berpetualang. Ohh asyiknya....

Pengalaman Kirim Paket Malam Hari via JNE

Akhirnya nulis juga. Sejak saya kerja di Butik, saya mulai berkenalan dengan JNE Express. Yah karena tempat saya bekerja juga melayani belanja online. Dan JNE adalah teman terbaik untuk mengantar paket berisi produk berupa baju, hijab dan aksesories Butik ke customer di Semarang maupun di daerah lain di Indonesia.

Begini Serunya Grand Opening Semarang Thal Cake

Akhirnya waktu yang dinantikan datang juga. Semarang Thal Cake milik Ruben Onsu secara resmi dibuka tanggal 28 Juli kemarin. Oleh - oleh Kekinian Semarang yang #bikinbahagia ini bisa menjadi alternatif oleh - oleh yang bisa kamu bawa pulang saat liburan ke Semarang.