Langsung ke konten utama

4 Alasan Kenapa Kerja Part Time Itu Menyenangkan


Pada akhirnya, akan ada saat dimana kita dihadapkan pada fase bekerja bukan diri sendiri, tapi juga memenuhi tanggung jawab untuk keluarga. Tak usah menunggu fase itu datang, karena akan ada saat dimana kita harus menjalankan peran tersebut. Memiliki pekerjaan part time itu ternyata menyenangkan dan memiliki banyak manfaat yang bisa didapat.


Setelah kontrak kerja saya habis sebagai social media manager di bidang fashion, mau tak mau saya harus mencari pekerjaan lain. Karena saya bukan tipe orang yang bisa menghabiskan waktu lama dirumah. Seminggu dirumah tanpa pekerjaan saja saya merasa bosan. Saya juga harus berpikir bagaimana memenuhi tanggung jawab yang harus saya penuhi.


Ketika kamu memulai sesuatu, maka kamu harus menyelesaikannya hingga selesai. Seperti ketika kamu memiliki kendaraan sendiri. Jadi, kamu harus belajar bertanggung jawab dengan apa yang kamu miliki.

Saya tidak memilih pekerjaan dari banyaknya gaji yang bisa saya dapatkan. Jika pekerjaan tersebut masih sesuai dengan skill yang saya miliki dan waktu yang fleksibel, kenapa tidak untuk dicoba. Termasuk belajar memasak masakan istimewa yang membuat banyak orang bahagia. Hehehehehe

Saya ingat cerita dari negeri seberang, eh maksudnya dari luar negeri sana. Mahasiswa  yang belajar di luar negeri, mereka juga mengambil kerja part time untuk biaya kuliah hingga mereka menjadi sarjana. Ada juga seseorang yang menggunakan visa di luar negeri, untuk bekerja sekaligus travelling di negara yang ia pilih. Dan cerita itu memiliki inspirasi yang menarik untuk diambil.

Karena tidak semua pekerjaan yang kita temukan adalah pekerjaan yang tepat dan mungkin saja tidak sesuai dengan passion yang kita miliki. Tapi kita harus belajar untuk melakukan sesuatu yang baru, right?

Saya merasa pekerjaan part time itu menyenangkan. Ini alasannya :

1.       Waktu yang Flexibel, hanya 4 – 6 jam kerja

Kerja part time memiliki waktu yang lebih flexibel jika dibandingkan dengan kerja full time. Hanya 4 – 6 jam kerja. Meskipun gaji tidak sebesar kerja full time. Tapi dari sini, bisa belajar managemen waktu. Hal ini bisa menguntungkan disaat memiliki pekerjaan tetap. Apalagi untuk mahasiswa, bisa belajar lebih aware terhadap waktu dan mengurangi kebiasaan untuk menunda pekerjaan.

2.       Melatih diri untuk mandiri dan lebih menghargai uang

Dengan kerja part time kita bisa dapat uang, meskipun tidak seberapa dibandingkan mereka yang bekerja fulltime atau pekerja tetap. Tapi kita harus bersyukur berapapun uang yang kita dapat. Karena dengan bekerja part time, kita bisa sedikit membantu meringankan beban orang tua dan berpikir – pikir dulu sebelum membelanjakan uang. 

Mencari uang itu butuh perjuangan. Jadi kita juga harus belajar managemen keuangan dengan baik. Yah, siapa tahu bisa bermanfaat jika kelak menjalani kehidupan baru di dalam sebuah keluarga kecil suatu hari nanti. Hehehehe
Bekerjalah! Maka kamu akan tahu arti dari hasil kerja kerasmu!

3.       Dapat meneruskan hobi yang dimiliki

Dengan kerja part time, kita memiliki banyak waktu untuk melakukan apa saja. Karena kerja itu main. Artinya selama 4 – 6 jam kita bekerja, tapi tidak terasa waktu kerja kita selesai dengan cepat. Kita bisa meneruskan hobi yang kita miliki dan memanfaatkan sosial media dengan lebih baik salah satunya adalah ngeblog dan bisnis kecil – kecilan seperti online shop.

Yah, karena sekarang saya bekerja part time, saya bisa mengatur waktu ngeblog saya lebih flexible dan menjalankan online shop kecil – kecilan bisa kapan saja. Pengalaman saya bekerja di bidang fashion dan jualan kaos, membuat saya ingin meneruskan usaha ini dengan uang jajan yang saya miliki sekarang. Dan saya senang bisa mengatur waktu untuk menjalankannya.

4.       Bisa belajar apa saja

Salah satu alasan kenapa bekerja part time itu menyenangkan adalah bisa belajar apa saja. Yah, belajar apa saja yang ingin dipelajari. Karena setelah jam kerja masih banyak waktu yang bisa digunakan untuk belajar secara teori maupun praktek atau belajar dari teman – teman yang memiliki banyak pengalaman dari kita. Bisa juga pergi travelling ke tempat  yang seru. Tapi untuk yang satu ini, harus bisa bagi waktu dengan pekerjaan dengan baik.

Kesimpulannya adalah apapun pekerjaan yang kita miliki sekarang, jangan lupa untuk bersyukur dan belajar apa saja. Karena cari pekerjaan yang tepat tidaklah mudah, sama halnya seperti mencari jodoh yang tepat, itu juga tidak mudah. Tapi itu tidak apa. Apapun pekerjaanya yang penting bahagia. 

      Jadi, itu tadi alasan kerja part time itu menyenangkan menurut saya. 
      Bagaimana dengan kamu?



Komentar

  1. Setujuuuuu, kalau kerja part time kita bisa lebih felxible ngatur waktu seahri-hari.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serunya Berpetualang di Santosa Stable

Senang rasanya menghabiskan waktu seharian di desa. Melihat pemandangan sawah yang hijau yang membentang luas, gemercik air sungai dan suasananya yang selalu membuat rindu. Apalagi bisa berpetualang. Ohh asyiknya....

Begini Hasil Jepretan Kamera OPPO Mirror 5

Minggu kemarin saya ikutan acara #OPPOFYIexp Semarang. Acara tersebut berlangsung di River View Cafe, Simpang Lima Residence. Nah saya sudah menuliskan pengalaman saya disini.

Ngesgrim di Esgrim House Tlogosari

Senang rasanya ada seorang teman yang mengajak ngesgrim setelah lama juga ngga pergi jalan - jalan. Dan teman saya ini mengajak disaat yang tepat. Pas banget lagi pengen esgrim. hahahahaha