Langsung ke konten utama

Menelusuri Wisata Semarang dalam Sehari? Ini 7 Tempat yang Bisa Kamu Kunjungi












Semarang sebagai ibukota Jawa Tengah memiliki banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi dan diceritakan. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah sampai wisata Kuliner.


Meskipun seringkali disebut sebagai kota transit sebelum melanjutkan perjalanan ke kota lain seperti Surabaya atau Jogjakarta. Kota Semarang cocok bagi pecinta city tour karena akses mudah dijangkau dengan transportasi umum yang ada disini.

Akhir pekan kemarin, saya ikutan acara Travel Journalist Class yang diadakan oleh Phinemo yang berlangsung di Impala Space. Acara ini juga didukung oleh Disbudpar Jawa Tengah. Reviewnya bisa dibaca disini.

Karena tidak ada jadwal piknik bareng keliling Semarang, setelah acara selesai, saya makan siang bersama teman - teman travel blogger Bogor dan Malang di Soto Bangkong kemudian mencicipi Gelatto Matteo. Ya...anggap saja ini piknik.

Setelah pulang, saya mencoba mereview Wisata Semarang yang bisa ditelusuri dalam waktu sehari. Karena selalu ada yang seru ada yang seru di Semarang. Oh iya ini dia reviewnya.

1. Lawang Sewu

Adalah salah satu wisata populer di Semarang. Penduduk lokal menyebut Lawang Sewu berasal dari bahasa Jawa, kata "Lawang" berarti pintu dan "Sewu" berarti seribu karena bangunan ini memiliki jendela besar yang banyak. Letaknya berada di kawasan Tugu Muda Semarang.

2. Klenteng Sam Poo Kong

Letaknya berada di Jl. Simongan Semarang. Disini terdapat patung Laksamana Cheng Hoo setinggi 12 meter dan terdapat relief mengenai kisah kedatangan Laksamana Cheng Hoo dimasa lalu lampau. Jika berkunjung kesini kamu bisa merasakan sensasi berkunjung di negeri Cina.

3. Kawasan Kota Lama Semarang (Little Netherland)

Kawasan ini merupakan kawasan wisata Semarang yang mendapat julukan Little Netherland. Beberapa waktu lalu wisata ini dikunjungi oleh Perdana Mentri Belanda. Di kawasan ini kamu bisa menikmati bangunan bersejarah yang masih kokoh berdiri hingga kini. Gereja Blenduk, Gedung Marba, Jiwasraya, Marabunta, Gereja Gedangan dan Polder Tawang.

4. Pasar Imlek Semawis

Terkenal dengan China Town Night Market Culinery. Merupakan wisata malam di daerah Pecinan yang wajib dikunjungi jika berakhir pekan di Semarang. Buka setiap hari Jum'at sampai Minggu.

5. Jalan Pandanaran

Merupakan surga belanja Semarang untuk wisatawan. Kamu bisa membeli oleh - oleh khas Semarang disini. Bandeng Presto, Lumpia, Wingko Babat sampai Souvenir Semarangan. Semua bisa kamu temukan disini sebelum kembali ke kota tujuan.

6. Simpang Lima Semarang

Salah satu area wisata Semarang yang wajib dikunjungi untuk menikmati suasana Semarang di malam hari. Ada banyak kuliner yang bisa dicoba. Salah satunya pecel mbok Sador yang terkendal. Kamu menikmati suasana malam di Simpang Lima dengan naik sepeda yang bisa kamu sewa. Seru lhoo...

7. Museum Mandala Bhakti

Salah satu tempat wisata yang berada di daerah Tugu Muda Semarang. Letaknya tidak jauh dari Lawang Sewu. Disini kamu bisa belajar mengenai sejarah pertempuran 5 hari di Semarang dan masa Kemerdekaan RI.

7 tempat wisata diatas merupakan wisata yang populer di Semarang dan mudah dijangkau dengan jalan kaki, bersepeda, naik transportasi umum atau menggunakan kendaraan pribadi.

Sebagai alternatif kamu bisa ke Nissin Factory, Museum Ranggawarsita, Masjid Agung Jawa Tengah, Masjid Pekauman, Goa Kreo, Brown Canyon Semarang dan Pura Giri Natha.














Tips untuk menelusuri Wisata Semarang dalam sehari agar lebih seru. 

1. Buat daftar tempat yang ingin kamu kunjungi,

2. Buat estimasi waktu untuk setiap tempat yang ingin kamu kunjungi,

3. Jangan lupa untuk bawa gadget dan kamera untuk mengabadikan momen,

4. Tentukan transport yang ingin kamu gunakan,

5. Tentukan kuliner yang ingin kamu coba saat makan siang atau makan malam,

6. Jangan lupa bawa perbekalan, air minum karena kamu pasti akan membutuhkannya

7. Ajak teman untuk menemani kamu jalan, ngga seru kan kalau ngga ada yang fotoin.

8. Yang paling penting pastikan uang jajanmu cukup untuk bayar tiket wisata, transportasi dan makan dan beli oleh - oleh. Hehehehe.

Selamat berlibur di Semarang.



Komentar

  1. Ok manja banget, jajan bandeng presto dan lunpia masih dalam list nya hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serunya Berpetualang di Santosa Stable

Senang rasanya menghabiskan waktu seharian di desa. Melihat pemandangan sawah yang hijau yang membentang luas, gemercik air sungai dan suasananya yang selalu membuat rindu. Apalagi bisa berpetualang. Ohh asyiknya....

Pengalaman Kirim Paket Malam Hari via JNE

Akhirnya nulis juga. Sejak saya kerja di Butik, saya mulai berkenalan dengan JNE Express. Yah karena tempat saya bekerja juga melayani belanja online. Dan JNE adalah teman terbaik untuk mengantar paket berisi produk berupa baju, hijab dan aksesories Butik ke customer di Semarang maupun di daerah lain di Indonesia.

Begini Hasil Jepretan Kamera OPPO Mirror 5

Minggu kemarin saya ikutan acara #OPPOFYIexp Semarang. Acara tersebut berlangsung di River View Cafe, Simpang Lima Residence. Nah saya sudah menuliskan pengalaman saya disini.